Mobil derek adalah kendaraan yang digunakan untuk menderek kendaraan yang mengalami kecelakaan lalu-lintas sehingga tidak mampu untuk berjalan sendiri lagi atau terbalik, menderek kendaraan yang sedang mogok dan mengganggu kelancaran lalu lintas ataupun untuk menderek kendaraan yang melakukan pelanggaran parkir.

Boom yaitu mobil derek yang menggunakan boom/kran yang biasanya digunakan untuk mengangkat mobil yang terperosok kedalam parit, ataupun untuk membalikkan kendaraan yang terbalik.

Kait dan tarik, digunakan untuk menarik kendaraan dengan rantai atau tali yang dikaitkan ke mobil derek, kendaraannya yang ditarik dikemudikan oleh seorang pengemudi.

Roda diangkat yaitu penderekan dengan mengangkat roda depan atau belakang kendaraan kemudian ditarik, hal ini biasanya dilakukan pada kendaraan yang salah parkir, dimana kendaraan tersebut rem parkirnya dijalankan sehingga roda yang terkunci diangkat.

Derek gendong, dimana kendaraan yang diderek digendong keatas kendaraan truk, biasanya digunakan untuk mengangkut mobil mewah dari show room ke rumah pembeli atau untuk mengangkat mobil mewah yang rusak/mogok ke bengkel.

DEREK MOBIL UNTUK PENANGANAN KEADAAN DARURAT

 Menderek mobil merupakan salah satu cara untuk penanganan darurat ketika mobil mogokatau tidak bisa berjalan. Jika keadaan mendesak dan Anda harus melakukan penderekan dengan mobil lain,

Tips Aman untuk menderek Mobil, adalah:

Pertama adalah pemasangan komponen towing hook harus benar untuk mencegah copot bahkan terlempar saat sedang menderek

Pastikan towing hook yang tersedia pada tool kit mobil dipasang dengan benar sampai putaran ulir rapat.

Pemilihan bahan tali yang digunakan juga perlu diperhatikan karena tali menjadi peran utama dalam menderek mobil.

Sebaiknya gunakan tali yang dapat merenggang, agar tidak merusak komponen yang menghubungkan langsung dengan tali seperti towing hook, tapi juga jangan terlalu renggang karena rawan putus ketika saat sedang mengerem atau berakselerasi.

BELT ATAU SABUK BAJA UNTUK MENDEREK MOBIL

Gunakan bahan sejenis sabuk baja atau belt yang didesain untuk menderek. jarak tali dari mobil penderek dengan mobil yang diderek juga harus diperhatikan. Panjang tali maksimal adalah setengah dari ukuran panjang kedua mobil. Jika rata-rata panjang kedua mobil adalah 5 meter, maka panjang tali maksimal 2,5 meter

lampu hazzard juga penting untuk dinyalakan dan tambah segitiga pengaman bila perlu agar pengemudi sekitar bisa waspada dengan keberadaan penderekan mobil.

Bila Keadaan kendaraan Anda saat ini tengah mogok dan memerlukan bantuan Jasa Derek, Hubungi kami melalui kontak yang ada di website ini (Call/WA) ke No 081310723434

Open chat
Powered by